STRATEGI
PEMASARAN PRODUK DAN PENGEMBANGAN JARINGAN
TARA NATURE EPA
|
LANGKAH 1 :
1. MEMASARKANNYA HARUS DARI SISI POSITIF. JADI “ENTRY POINT” NYA DARI PRODUK UNTUK PERAWATAN SEKALIGUS
UNTUK KESEHATAN. NAH APA
ITU ?
PROMOSIKAN DULU :
v GINSENG MERAH KOPI. RASA KOPINYA ENAK,
HARUM. PRODUK UNGGUL DAN BERKUALITAS.DIPASARKAN KE KAUM
LELAKI,KARENA BISA MENAMBAH VITALITAS LELAKI.
SABUN KECANTIKAN, ADA 2 MACAM :
v SNOW WHITE
BEAUTY
v SNOW WHITE
TRANSPARENT
DIPASARKAN KE KAUM IBU-2 atau KARYAWATI yANG BIASANYA PEDULI DENGAN
KECANTIKAN DAN PENAMPILAN KULITNYA.
v KURKUR. SUPLEMEN UNTUK MENINGKATKAN
SELERA MAKAN ANAK-2.
v TARAKID CODLIVER. VITAMIN UNTUK MENGOPTIMALKAN
KECERDASAN ANAK.
==================================================
BAGAIMANA CARA MEMASARKANNYA ?
KALAU NYARI ORANG SATU SATU, DITAWARI, LAMA, NGABISKAN WAKTU,
TENAGA, HARAPAN DAN PIKIRAN, CIE CIE
KAYAKNYA ADA PIKIRAN NIH.
NAH LANGKAH 2 :
MISINYA , YA
BETUL KITA HARUS MEMBAWA MISI :
P E M B E R D A
Y A A N.
YAITU : SELAIN KITA MENCARI REZEKI UANG TAMBAHAN
YANG HALAL,
KITA JUGA MAU
MEMBERDAYAKAN ORANG ORANG YANG PERLU
UANG TAMBAHAN UNTUK JALANI HIDUP. JADI .
. . . . . . . .
2. KITA MEMASARKAN MELALUI ORANG
YANG BUTUH PENGHASILAN TAMBAHAN UNTUK BIAYA HIDUP KELUARGANYA. SIAPA
MEREKA ?
MEREKA ADALAH
:
KARYAWAN KARYAWATI ,OPAS KANTOR, TUKANG BUAT MINUM, OFFICE BOY, ATAU
SATPAM, IBU RUMAH TANGGA DLL.
DI KANTOR APA SAJA : KANTOR PTPN, KANTOR PAJAK,
GUBERNURAN, KANTOR POLISI, KANTOR KEUANGAN, BANK, KANTOR BEA CUKAI. DINAS
PENDAPATAN. DLL . POKOKNYA BUANYAK SEKALI.
OFFICE BOY ATAU TUKANG BUAT MINUM DI KANTOR, BISA BERGERAK KEMANA SAJA DI KANTOR (MOBILITAS TINGGI).
DIA KENAL
SEMUA ORANG DI KANTOR (STAF, KEPALA URUSAN, KEPALA BAGIAN) , KENAL
REKANAN PERUSAHAAN. MEREKA SEMUA ADALAH “POTENSIAL CUSTOMER”. CALON PEMBELI/ PELANGGAN YANG SANGAT SANGAT
POTENSIAL.
COBA DITELAAH, DISURVEY, KANTOR MANA YANG PALING
BAGUS UNTUK UJI COBA STRATEGI INI. KALAU BISA KANTOR YANG BANYAK BERLIMPAH
UANG, ARTINYA PERUSAHAAN ATAU KANTOR YANG
MAKMUR.
SAMPAI DISINI,
SUDAH TERTAMPUNG INTINYA ? ADA
PERTANYAAN ?
OK LANJUT …..MAAAANG.
=====================================================
3. REKRUITMENT
DATANGI
PERUSAHAAN/ KANTOR. LIHAT-LIHAT DAN CARI KENAL OFFICE BOYNYA, CARI YANG MUDA
DAN SUPEL . KALAU SUDAH DAPAT, AJAK NGOBROL APA SAJA, YG PENTING PENDEKATAN PRIBADI.
KALAU SUDAH
OK,
BARU KITA
TANYA, MAU DAPAT PENGHASILAN TAMBAHAN YANG HALAL ?
KALAU MAU,
BARU KITA JELASKAN CARANYA, APA YANG DIJUAL, BERAPA KEUNTUNGAN TIAP PENJUALAN.
MEREKA JANGAN LANGSUNG DIMINTA JADI MEMBER, KARENA
MUNGKIN UANG PENDAFTARAN RP. 120.000,- SANGAT BANYAK UNTUK MEREKA.
ATAU
KALAU KITA
PUNYA KANTOR, BERDAYAKAN OB DI KANTOR KITA.
JADI CARANYA
SBB :
1.
KASIH BROSURNYA (CONTOH KOPI GINSENG MERAH)
2.
JELASKAN HARGA JUALNYA (SAAT INI RP. 100.000,-,) DARI SINI MEREKA DAPAT
RP. 15.000,- PER BUNGKUS BESAR, ISI 25 SACHET).
3.
TAWARKAN KE BOS, STAF, KAUR, ATAU REKANAN DLL. KALAU ADA YG MAU BELI,
DIA MINTA AJA DULU UANGNYA KE PEMBELI, BARU DIBELIKAN. KAN DIA TIDAK PUNYA
MODAL.
4.
PENDEKATAN KE PEMBELI HARUS
PENDEKATAN MENAMBAH EKONOMI KELUARGA. MISALYA : “PA SAYA SEDANG MENCOBA USAHA YG HALAL UNTUK
MENOPANG BIAYA HIDUP KELUARGA, BAPAK/IBU MAU MEMBANTU SAYA, MEMBELI PRODUK KOPI
GINSENG MERAH.” ATAU PRODUK LAINNYA (SABUN, KURKUR,TARAKID) KASIHKAN BROSURNYA
UNTUK DIBACA. KATA-KATANYA BISA DIRANCANG LAGI.
5.
KALAU SUDAH ADA PEMBELI, DIA KONTAK KE KITA, KITA NANTI BELIKAN BARANGNYA.
ATAU DIA BISA BELI LANGSUNG KE
KANTOR TARA, BELI PRODUK ATAS NAMA KITA DULU. DENGAN HARGA DISTRIBUTOR. SETUJU ?
6.
KALAU MAU LEBIH MANTAP, KITA INVEST BELI KOPI GINSENG/SABUN SNOW WHITE
UNTUK SAMPEL, KASIHKAN KE OFFICE BOY KITA UNTUK DIJUAL.
KALAU DIA
SUDAH MANTAP, DAN TERNYATA BISNISNYA BISA JALAN, DIA BISA JADI MEMBER, DAN NANTI DIA BELANJA
SENDIRI KE DISTRIBUTOR TARA .
KALAU SUDAH MANTAP DAN DIKENAL, SI PION OFFICE BOY BISA
MENGENALKAN PRODUK-PRODUK LAIN YANG
BAGUS-BAGUS.
NANTI, DIA BISA MENGAJAK TEMEN OFFICE BOY LAIN DI
BAGIAN-BAGIAN LAIN. KARENA KANTOR YANG LUAS TDK MUNGKIN DIA LAYANI
SENDIRIAN. GITU
LO . . . . . .
SELANJUTNYA LAKUKAN IMPROVISASI. NANTI KETEMU YANG TERBAIK.
OKE, SELAMAT BEKERJA.
SUKSES ADALAH HASIL DARI KESUNGGUHAN DAN KERJA KERAS.
NIAT -
TEKAD - NEKAD
=================================
STRATEGI PEMASARAN LAIN YANG LEBIH SEDERHANA
·
PEMASARAN LANGSUNG KE PEMILIK KANTIN DI PERUSAHAAN ATAU KANTOR.
TAWARKAN
KOPI GINSENG, BERI CONTOH UNTUK DICOBA PENERIMAAN KONSUMEN.
KALAU OK,
DIA BISA BELI DARI KITA.
SELANJUTNYA,
JADIKAN DIA MEMBER, NANTINYA PEMILIK /PENGELOLA KANTIN BISA BELI SENDIRI.
(DARI SINI KITA CUMA DAPAT POIN). MENGEMBANGKAN JARINGAN.
·
KALAU ADA TEMEN PEMILIK PENGINAPAN UNTUK BULE (HOME STAY), COBA DIPROSES. KAYAKNYA MEREKA MAU NYOBA BELI DARI
KITA, KAN PERTEMANAN.
==========
NAH ITU
STRATEGI PEMASARAN KOPI GINSENG SEBAGAI
ENTRY POINT.
MAN JADA WA JADA = DIMANA ADA
KEMAUAN DISITU ADA JALAN = GO SUCCES = KEBERHASILAN TIDAK DICAPAI DALAM 1 HARI,
ATAU 1 – 2 BULAN.
CATATAN :
USAHA INI BISA DIWARISKAN. ARTINYA KALAU JARINGAN
SUDAH JALAN, MEMBER SUDAH BANYAK. PENGHASILAN KOMISI AKAN TERUS ADA KE ANAK2,
WALAUPUN KITA SUDAH DI LANGIT. ASALKAN JARINGAN TERUS AKTIF. MAKANYA
PENGEMBANGAN JARINGAN ITU PENTING.
ACTION – ACTION -
ACTION
INGAT CERITA
SITI HAJAR WAKTU MENCARI AIR UNTUK ANAKNYA DI PADANG PASIR TANAH ARAB ? BELIAU
7 KALI BOLAK BALIK ANTARA BUKIT SHAFA DAN MARWA, YANG SANGAT JAUH, DALAM CUACA
YANG PANAS DAN KERING, PASIR YANG PANAS. PADAHAL BELIAU ISTRI NABI IBRAHIM.
JADI INTINYA.
TIDAK ADA YANG MUDAH. HARUS BERJUANG. BEKERJA SUNGGUH-2, DAN FOKUS.
INGAT KUNCINYA
N
I A T – TEKAD - N E K A D
|